Minggu, 17 Oktober 2010

Otak Kiri dan Otak Kanan



Kali ne aku mo bahas masalah Otak ( bukan Otak Otak makanan khas gresik ntu..!!!! )
Setelah browsing kesana kemari, aku baru ngerti klo Otak ntu adalah penyalur energi terbesar bagi tubuh. Meski ukuran otak hanya sebesar 2 persen dari keseluruhan berat badan manusia, tapi seluruh kegiatan tubuh dikontrol olehnya. Artinya jika berat badan seseorang 60 kg, maka berat otaknya sekitar 1,2 kg. Hampir 75 persen otak manusia terdiri atas air....( jadi jangan mau dibilang orang klo otak elo tuh kempel, beku ga encer...hahahaha...)


Hanya sekitar 10% fungsi otak yang difungsikan oleh manusia, dengan demikian seharusnya masih banyak potensi otak yang belum diolah oleh manusia. Apalagi kekuatan kompetensi otak adalah sekitar 1013 – 1016 operasi per detik.
Disini aku coba terangkan secara garis besar bahwa otak ntu terdiri dari 3 bagian, yaitu :

* Batang otak : ( Bukan batang..............hehehe ) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar, muncul dari tulang punggung. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung dan insting lain seperti respons saat bahaya mengancam.Otak seperti ini dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya sehingga sering juga disebut dengan Otak reptil. Otak reptil mengatur “perasaan teritorial” sebagai insting primitif. Contohnya anda akan merasa tidak nyaman, terancam dan bahkan marah ketika seseorang terlalu dekat dengan anda.


* Limbik : Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju (limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dengan yang dimiliki hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus dan amigdala. Sistem limbik berfungsi mengendalikan emosi, mengendalikan hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, seksualitas, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.

* Neokorteks :
Tebal korteks sekitar 1/8 inci dan berbentuk lipatan-lipatan. Jika dibentangkan ukurannya kira-kira seluas 1 halaman koran. Di sinilah bersemayam kecerdasan yang membuat kita menjadi benar-benar manusia. Bagian ini berkaitan dengan fungsi melihat, mendengar,mencipta, berpikir, berbicara sesuai dengan bagiannya yaitu otak kiri dan otak kanan. Fungsi otak kiri dan otak kanan (serebrum kanan dan kiri).

Nah, ituh hanya penjelasan tentang Otak secara umum aja, karena yang akan kita bahas kali ne adalah tentang Otak Kiri dan Otak Kanan...ok, kita lanjutkan ya..
Coba kamu amati diantara temen temenmu, adakah diantara mereka yang suka teledor, suka jorok, ga rapi, semau gue? pasti ada kan..:D...ato kamu sendiri? wkwkwkkwk..
Sebenarnya ini semua cerminan gaya hidup dan cara berpikir kamu dan ga ada yang jelek, semua bagus, karena semua adalah ciptaan Allah, hanya saja setiap gaya mempunyai kekuatan dan kelemahan yang berbeda beda, tapi justru di perbedaan itulah yang memperkaya dan memperindah khasanah hidup ini.
Ne sekarang aku coba menjelaskan secara detail perbedaan perbedaan ituh :


* Tipe otak kiri cenderung tidak suka berbicara banyak, yaa model2 pendiem gitu...dikasih makan diem, dikasih senyum diem, tapi dikasih duit senyum...:D
Nah klo tipe otak kanan orangnya komunikatif, asik, suka becanda, memandang semuanya dengan serius tapi santai....

* Tipe otak kiri cenderung selalu bersiap siap sebelum deket waktunya, tapi klo tipe otak kanan selalu keburu buru dan mempersiapkan segala sesuatunya di menit menit terakhir.

* Tipe otak kiri suka membuat rencana dan selalu mempersiapkan apapun ituh, sedangkan tipe otak kanan bukanlah perencana, malah cenderung apa yang dirasa sekarang saat itulah dikerjakan.

* Tipe otak kiri senang kepada kerangka / daftar / grafik, sedangkan tipe otak kanan suka pemetaan pikiran (mindmapping) / ringkasan / ikhtisar.

* Tipe otak kiri cenderung kompulsif (suka memaksa) / akurat, sedangkan tipe otak kanan cenderung puas dengan apa yang sudah dicapai dan kurang teliti.

* Tipe otak kiri cenderung kompetitif (suka bersaing), sedangkan tipe otak kanan cenderung kooperatif dan fleksibel.

* Tipe otak kiri cenderung sangat teratur dan rapi, sedangkan tipe otak kanan cenderung tidak teratur dan tidak rapi.

* Tipe otak kiri biasanya tepat menyelesaikan tugas / tepat waktu, sedangkan tipe otak kanan cenderung suka menunda, tampak ’kacau’, dan biasa datang terlambat.

*Tipe otak kiri cenderung mengikuti pola yang sudah ada, sedangkan tipe otak kanan suka menjelajah atau melakukan eksplorasi.

* Tipe otak kiri adalah orang yang perfeksionis (menuntut yang sempurna), sedangkan tipe otak kanan sering mengatakan, " saya selalu menerima dan tak menuntut 100% dan kalau ada yang salah tak apalah..."

* Tipe otak kiri suka menyalahkan orang lain, sedangkan tipe otak kanan suka mengatakan, ”Tak apa-apalah, semuanya selalu bisa ditingkatkan kembali.."

* Tipe otak kiri biasanya bisa cepat membuat keputusan, sedangkan tipe otak kanan cenderung tidak bisa memutuskan, peragu / terombang-ambing.

* Tipe otak kiri cenderung selektif dalam memilih kawan, sedangkan tipe otak kanan senang bersosialisasi / memiliki banyak teman.

* Tipe otak kiri suka tidak percaya, butuh bukti, sedangkan tipe otak kanan suka cepat mempercayai dan tak perlu bukti.

* Tipe otak kiri cenderung mudah khawatir / stres, sedangkan tipe otak kanan suka tak merasa khawatir / tidak mudah stres.

* Tipe otak kiri suka bekerja selangkah demi selangkah (mengikuti prosedur dan sistematis), sedangkan tipe otak kanan suka melakukan improvisasi dan loncatan kreatif.

* Tipe otak kiri cenderung berpikiran tunggal kepada tugas, sedangkan tipe otak kanan berpikiran yang bercabang-cabang saat mengerjakan berbagai hal.

* Tipe otak kiri suka melakukan satu tugas pada satu waktu, sedangkan tipe otak kanan suka melakukan beberapa tugas sekaligus pada waktu yang sama.

* Tipe otak kiri suka memperhatikan detail , sedangkan tipe otak kanan suka ikhtisar, gambaran garis besar.

* Tipe otak kiri suka / butuh instruksi terperinci, sedangkan tipe otak kanan lebih suka pengarahan umum 

* Tipe otak kiri suka mengikuti resep saat masak, sedangkan tipe otak kanan adalah koki kreatif, suka mengubah-ubah resep.

* Tipe otak kiri suka rapi dan teratur mengatur barang (kamar, lemari, dan meja kerjanya rapi), sedangkan tipe otak kanan adalah orang yang kurang rapi dan tak teratur (kamar, lemari, dan meja kerjanya berantakan).

* Tipe otak kiri cenderung logis dan suka merenung, sedangkan tipe otak kanan biasanya intuitif dan suka bertindak spontan.

* Tipe otak kiri cenderung serius / bersungguh-sungguh, sedangkan tipe otak kanan suka bersenang-senang, cenderung pelupa.

* Tipe otak kiri cenderung menjadi spesialis, sedangkan tipe otak kanan cenderung menjadi generalis.


Analoginya kira-kira begini. Kalau ada makanan enak di sebelah kiri, kamu ke kiri. Tapi, lihat-lihat eh ada makanan enak di sebelah kanan, kamu beralih pindah ke kanan. Di proyek sebelah kiri dibagikan honor tinggi, kamu lari ke kiri. Eh, ternyata di proyek sebelah kanan dibagikan juga honor yang malah lebih tinggi, kamu langsung berlari ke kanan. Orang bergaya belajar kombinasi biasanya lebih memahami orang bertipe kiri dan bertipe kanan. Dan, kebanyakan orang orang yang jenius dan berhasil dalam hidup justru adalah orang bertipe kombinasi.

Nah, pertanyaannya sekarang, kamu ada di bagian otak yang sebelah mana ?????...:D



Sumber: Diolah dari berbagai sumber & literatur tentang otak. Banyak gagasan yang memperjelas dari Robert Zenhausen, dikutip Barbara Prashnig, The Power of Learning Styles, 1998, 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

disini gan klo mo komen :D